Penggunaan kendaraan roda empat dari tahun ke tahun terus meningkat yang diiringi dengan peningkatan jumlah kasus kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh mobil.

Seat Belt

Menggunakan Seat Belt

Ketika Anda memutuskan untuk memiliki kendaraan pribadi, tentu Anda harus mengetahui dan mematuhi peraturan-peraturan terkait yang salah satunya adalah menggunakan seat belt atau sabuk pengaman. Peraturan ini terus menerus didengungkan karena banyak sekali pemudi maupun penumpang yang mengabaikan pentingnya menggunakan seat belt. Tidak sedikit kecelakaan berujung pada kematian karena pengemudi dan penumpang tidak menggunakan sabuk pengaman. Mengapa sabuk pengaman atau seat belt sangat penting? Berikut ini beberapa manfaat menggunakan seat belt ketika berkendara.

Menahan Tubuh Agar Tidak Terhempas Keluar Ketika Kecelakaan

Penyebab utama kecelakaan lalu lintas diantaranya adalah berkendara dengan kecepatan yang tinggi. Ketika mobil tabrakan dengan kecepatan yang tinggi, pengemudi maupun penumpang yang ada di dalam mobil akan mengalami guncangan yang keras bahkan bias mengakibatkan pengemudi dan penumpang terlempar keluar melalui kaca jendela baik sisi kanan, kiri, depan, maupun belakang yang berujung pada kematian. Maka dari itu, dengan menggunakan seat belt, ketika terjadi benturan karena kecelakaan dalam keadaan apapun tubuh akan tertahan di dalam dan tidak terhempaskan keluar. Hal ini untuk meminimalisir korban jiwa dalam kecelakaan lalu lintas.

Irit Banget! Ini Dia 5 Mobil Paling Irit BBM Tahun Ini

Meningkatkan Presentase Keamanan

Peraturan untuk menggunakan sabuk pengaman ketika berada dalam kendaraan roda empat tentu bukan tanpa alasan. Presentase keamanan penumpang di belakang ketika terjadi kecelakaan dengan menggunakan seat belt akan meningkat hingga 73%. Jika penumpang di belakang tidak menggunakan seat belt, kemungkinan untuk selamat akan sangat kecil karena bias mengalami benturan yang lebih kencang daripada pengemudi dan penumpang di depan bahkan berakibat pada kematian. Maka dari itu, bukan hanya pengemudi tapi penumpang pun wajib untuk menggunakan seat belt baik untuk perjalanan dekat maupun jauh untuk menghindari hal-hal buruk yang bisa terjadi hanya karena lalai tidak menggunakan seat belt.

Menghindari Kematian

Dari uraian di atas, tujuan utama penggunaan seat belt adalah agar pengemudi maupun penumpang sama-sama aman bahkan ketika terjadi kecelakaan. Ketika terjadi benturan, seat belt bisa menahan tubuh agar tidak mengalami benturan yang tidak terlalu keras dan menghindari kematian. Sedangkan jika tidak menggunakan seat belt, ketika terjadi benturan tidak ada yang menahan tubuh sehingga badan terutama kepala bisa terbentur ke dashboard, kaca, dan sebagainya yang bisa membahayakan nyawa.

Menahan Tubuh Ketika Mobil Terguling

Kecelakaan terjadi tidak hanya sekedar benturan login joker123. Untuk kecelakaan yang serius bisa menyebabkan mobil terguncang sampai terguling. Jika Anda tidak menggunakan sabuk pengaman, ketika terjadi kecelakaan yang menyebabkan mobil terguling tubuh Anda bisa ikut terhempas di dalam mobil yang bisa mengakibatkan cedera dan luka serius. Namun, dengan menggunakan seat belt tubuh Anda akan tertahan di kursi ketika mobil terguling dan meminimalisir luka yang serius.

Dari uraian tersebut di atas bisa dilihat bahwa penggunaan seat belt amat sangat penting baik untuk pengemudi maupun penumpang. Sebab, kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Jadi, untuk menghindari hal-hal buruk yang tidak diinginkan, selalu pasang sabuk pengaman baik ketika mengemudi maupun menjadi penumpang. Penumpang yang duduk di belakang pun tetap wajib menggunakan sabuk pengaman karena resiko kematian ketika kecelakaan tanpa menggunakan seat belt lebih besar.

By master